Resep Gangan Asam Patikala Tangkar Sapi

Hai semuanyaaa, setelah beberapa waktu lalu saya sempat posting tentang kue untuk-untuk khas Banjar, kali ini saya akan berbagi resep masakan khas Banjar, yaitu Gangan Asam Patikala Tangkar Sapi. Beberapa dari kalian pasti masih bingung kan ini makanan apa?? Haha
Berikut penampakannya.....

Gangan Asam Patikala Tangkar Sapi

Kalau di-translate ke bahasa Indonesia, gangan asam patikala tangkar sapi itu artinya sama dengan sayur asam tangkar sapi dengan bunga kecombrang. Di tempat saya, patikala itu nama lain dari bunga kecombrang. Kata "gangan" itu sendiri digunakan untuk menyebut suatu jenis makanan yang berkuah. Contohnya seperti, "sayur sop" ditempat saya disebut "gangan sop", begitu pula rawon disebut "gangan rawon", sayur kuah nanas disebut "gangan kanas", sayur bersantan disebut "gangan balamak", dan masih banyak lagi.

Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat gangan asam ini adalah: tangkar sapi, bunga kecombrang/patikala, serai, lengkuas, kemiri, kunyit, bawang merah, bawang putih, garam, dan gula secukupnya.

Bahan-bahan yang ini kurang lengkap ya fotonya 😂

Hasil ulekan bahan-bahan diatas

Bahan-bahan tersebut kemudian diulek, lalu direbus dengan tangkar sapi yang sudah dipotong-potong dan dibersihkan. Waktu perebusan ini cukup lama, kurang lebih sekitar 1 jam-an. Setelah selesai, gangan asam patikala tangkar sapi pun siap dihidangkan. Gangan asam ini biasanya disantap dengan nasi hangat dan sambal segar yang baru diulek.

Baca juga: Resep membuat stik singkong enak dan renyah

Oh iya, sekedar pengetahuan saja, kalau di tempat saya makanan sehari-hari yang dihidangkan itu sangat sederhana dan masih tradisional sekali. Bahan-bahannya pun menggunakan bahan pangan lokal yang bahkan sayurannya kita masih petik sendiri dari pekarangan di belakang rumah masing-masing. Berbeda sekali dengan di Jakarta, yang budayanya sudah kental akan pengaruh kebarat-baratan sehingga masakan tradisional khas Indonesia kadang dianggap tidak relevan. curhat mode on


Btw, jangan ngiler yaa gaes, 😁😁
Selamat mencoba resepnyaa, semoga bermanfaat!!



Comments

  1. Hi kak,

    Perkenalkan saya merlyn dari situs HL8 ingin menawarkan kerjasama dalam bentuk program affiliasi dimana anda bisa mendapatkan keuntungan komisi 40% flat dari kami setiap bulannya, Apabila anda tertarik silahkan hubungi kami di affiliate[a]hl8asia .com atau fb saya.

    Terima kasih atas perhatiannya

    merlyn

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Tips Pindah Kosan Murah dan Praktis

Merk Air Mineral Terbaik di Indonesia