Tips dalam Perencanaan dan Pengambilan Keputusan
Seringkali dalam melakukan perencaan dan pengambilan keputusan kita mengalami kesulitan. Ya kan? Oleh karena itu kita harus tahu bagaimana langkah-langkah yang tepat dalam melakukannya!
Dari pengertiannya, perencanaan adalah upaya untuk mencapai tujuan dilengkapi dengan berbagai ukuran seperti waktu, biaya, dan sumber daya manusia. Kira-kira mana yang didahulukan, apakah perencanaan atau pengambilan keputusan? Jawabannya adalah tergantung situasi. Dalam menyusun perencanaan kita harus mengambilan keputusan terlebih dahulu atau membuat keputusan awal.
Pengambilan keputusan dilakukan jika ada masalah seperti penentuan tujuan atau menentukan pilihan. Ada empat dasar pengambilan keputusan, yaitu dipikirkan terlebih dahulu secara logika, mengumpulkan data sebanyak-banyaknya (biaya, lokasi, resiko), menggunakan alat pengambilan keputusan (metode), dan menarik kesimpulan.
Metode atau alat pengambilan keputusan itu bermacam-macam, bisa melalui naluri atau instinct, perhitungan-perhitungan biasa, uji statistik, dan artificial intelligence. Artificial intelligence dibutuhkan untuk mengambil keputusan dari tingkat kerumitannya. Metode yang termasuk artificial intelligence adalah AHP (Analytical Hierarchy Process), ANP (Analytical Network Process) dan peramalan seperti metode eksponensial, dan lain-lain.
Apa saja sih hal-hal yang harus dilakukan saat penyusun perencanaan?
1. Penetapan tujuan
2. Penetapan strategi: melakukan pengumpuan data, menetapkan metode, hambatan, aset, dan lain-lain. Strategi merupakan langkah dalam menghimpun semua aset penting yang bisa dimanfaatkan untuk mencapai tujuan. Apabila kita sudah mencapai tahap perencanaan strategi, biasanya akan diperlukan biaya yang sangat mahal untuk berubah.
3. Evaluasi: Bagaimana cara mengevaluasi? Tentunya harus ada parameter dan ada pembanding mana yang baik mana yang buruk, mana yang berhasil mana yang tidak.
Semoga informasinya bermanfaat ya, terimakasih ;D
Comments
Post a Comment